Jumat, 07 Mei 2010

Robot Replika Binatang

Binatang merupakan makhluk hidup yang banyak ditiru oleh manusia untuk dijadikan robot. Beberapa jenis binatang telah sukses ditiru manusia (replika) sehingga banyak robot - robot yang berbentuk seperti banatang. Sebagai contoh robot anjing (aibo - sony), robot kucing (necoromon), robot ular (Karl William), robot serangga (jenis BEAM robot), robot ikan (robotuna, robopike), robot dinosaurus, robot berkaki enam (hexapod), dan masih banyak lagi bentuk robot yang terilhami dari binatang.

Robot Ular.

Robot Ular ?? Ih Serem Amat ! mungkin kalian pasti bertanya dalam hal ini kenapa membuat robot Ular? kenapa ga bikin robot kucing ataupun robot anjing saja??? Kita membuat robot yang meniru suatu binatang tentu ada sebabnya.,

Robot Ular sangat baik untuk pemakaian dimana robot yang lain tidak dapat melakukannya seperti pada jalan yang berbatu besar ataupun di suatu gurun pasir. Ular dapat dengan mudah melewati tempat - tempat tersebut diatas karena struktur tubuhnya. Dengan memasangkan sebuah kamera kecil pada robot ular, maka ini akan menjadi alat penyusup yang sangat efektif untuk memata - matai suatu daerah.

Robot Ikan
Robot Ikan dibuat tentunya agar kita dapat mempelajari cara kerja ikan ataupun dipakai untuk kepentingan militer.

Robot Kepiting
Robot ini didesain untuk keperluan militer oleh pembuatnya (ISRobotic = iRobot). Robot ini akan disebar sebelum tentara turun di suatu pantai yang diperkirakan dipasangi ranjau. Robot - robot ini akan mecari ranjau dan meledakkannya. Hebatnya walaupun robot ini terbalik posisinya misalnya terkena gelombang laut, ia masih dapat bekerja dengan baik.

sumber : Moh. Ibnu Malik, Membuat Robot dengan Microkontroler PIC16F84

Tidak ada komentar:

Posting Komentar